alam ghaib

Alam Ghaib

Alam ghaib adalah alam yang tidak nampak atau tidak bisa dilihat secara kasat mata. Bagi penganut agama Islam, alam ghaib sangat diyakini keberadaannya karena terdapat dalil yang menyatakan dan menjelaskan hal tersebut. Bisa dirujuk melalui kitab suci Al Qur’an dimana Tuhan berfirman, “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku” (QS. Adz-Dzariyat: 56).

Sangat jelas tertuang bahwa Tuhan menciptakan jin sebagaimana Dia menciptakan manusia. Tetapi keberadaan jin tidak bisa dilihat begitu saja oleh manusia dan mereka dianggap hidup di alam ghaib. Selain itu, ada iblis, setan, gendruwo, demit yang juga dipercaya ada di sekitar manusia, hanya saja ia tak terlihat karena tergolong dalam makhluk halus yang hidup di alam ghaib.

Manusia awam yang tidak memiliki kemampuan khusus, tidak bisa menjangkau alam ghaib. Jangankan menjangkau, mampu melihat atau sekedar merasakan keberadaannya pun dirasa sulit. Hanya pemilik indera keenam, pelaku tirakat dan pengamal ilmu kebatinan yang mampu merasakan adanya alam ghaib di sekitarnya. Seperti paranormal, wali, spiritualis dan indigo (diberi anugerah khusus oleh Tuhan).