angker

Angker

Angker adalah keadaan menakutkan karena keyakinan adanya makhluk halus mendiami suatu tempat. Pada umumnya istilah angker ini digunakan untuk menggambarkan suatu tempat yang mistis atau menyeramkan. Tapi, angker juga bisa digunakan untuk melukiskan benda-benda yang kuat hawa atau aura menakutkan dan kita merasa tidak nyaman berada di dekatnya.

 

Suatu tempat atau benda bisa dianggap angker jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Merupakan tempat yang sepi. Makhluk ghaib lebih menyukai tempat yang sepi dan jarang dihuni oleh manusia. Seperti, kuburan, gunung, laut, bangunan kosong, sendang atau area di bawah jembatan yang belum terjamah oleh manusia. Tempat semacam itu pun banyak mengandung cerita horor, sehingga semakin banyak masyarakat yang tinggal di sekitar tersebut takut dan benar-benar menganggapnya angker.
  2. Terdapat pohon besar. Pohon besar dan rindang, seperti pohon beringin sering dianggap angker oleh masyarakat. Terdapat sebuah mitos yang menyatakan jika ada dua pohon beringin berdiri berdampingan, maka itu merupakan gerbang menuju dunia ghaib.
  3. Tempat keramat. Hampir di setiap daerah ada kelompok masyarakat tertentu yang mengeramatkan sebuah tempat. Dan, dianggap sebagai kediaman leluhur atau penjaga. Di tempat-tempat ini biasanya disediakan sesaji dan terkadang malah menjadi pusat kesyirikan.
  4. Tercium bau kemenyan/bau bangkai/bau aneh lainnya.

Jika kebetulan, Anda menemui tempat dengan ciri-ciri tersebut di atas ada baiknya untuk berdoa dan memohon perlindungan Yang Maha Kuasa. Karena segala kebaikan dan pertolongan datangnya hanya dari Tuhan Yang Maha Esa.