buang sial

Buang Sial

Buang Sial adalah proses pembersihan yang berguna untuk membuang energi negatif dan menyingkarkan gangguan buruk, baik yang datang dari manusia maupun dari makhluk gaib. Dalam dunia kejawen, buang sial disamakan dengan ruwatan. Karena menyangkut dengan tradisi dan adat Jawa, maka ritual ruwatan biasanya dilakukan dengan bantuan dari ahli spiritualis atau paranormal. Dan, proses ritualnya pun membutuhkan tata cara khusus, mulai dari waktu, tempat hingga pakaiannya.

Lalu bagaimana tata cara atau proses buang sial? Karena dilihat dari istilahnya yang lebih universal, maka buang sial tidak membutuhkan terlalu banyak syarat. Misalnya, seseorang tiba-tiba memcahkan kaca yang biasa digunakan untuk bercermin. Kemudian muncul perasaan tidak enak dan dianggap sebagai firasat akan datangnya sebuah kesialan.

Untuk menghindar dari kesialan tersebut, seorang yang percaya dengan keberadaan Tuhan akan lebih baik untuk mengucapkan istighfar dan berserah diri kepadaNya. Sebaiknya, pecahan kaca tersebut tidak dibuang begitu saja melainkan dikumpulkan dan dihaluskan lalu diterbangkan. Dengan membuang pecahan kaca tersebut sama dengan membuang kesialan yang mungkin akan menghampiri.