cakra

Cakra

Cakra adalah pusat atau sentral getaran tenaga dalam manusia. Istilah yang juga dikenal dengan blok ini berasala dari bahasa sansekerta yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti roda. Setiap manusia memiliki cakra yang menjadi pusat dari kegiatan menyerap, menerima dan mengungkapkan energi kekuatan hidup.

Setidaknya ada 15 titik cakra pada bagian depan anggota badan dan 8 titik cakra pada bagian belakang. Tapi, terdapat cakra yang paling signifikan, yaitu 7 cakra utama dan terletak di sepanjang garis tengah tubuh;

  1. Cakra Mahkota yang letaknya berada di atas kepala
  2. Cakra Ajna yang letaknya di antara kedua alis.
  3. Cakra Tenggorokan
  4. Cakra Jantung
  5. Cakra Pusar
  6. Cakra Sex dan
  7. Cakea Dasar.

Untuk bisa membuka cakra, bisa mengikuti pelatihan kepada praktisi ilmu tersebut atau melakukan latihan pribadi dengan cara meditasi dan fokus pada cakra yang ingin dikembangkan. Setiap cakra yang ingin dibuka atau dikembangkan akan memiliki manfaat tersendiri. Misalnya, jika cakra mahkota yang dibuka, maka manfaat yang dirasakan adalah seseorang akan selalu merasa diawasi dan tingkah lakunya akan lebih teratur. Karena cakra mahkota merupakan hubungan dengan kekuatan yang lebih tinggi (Tuhan Yang Maha Kuasa).