firasat

Firasat

Firasat adalah gejala atau tanda-tanda suatu peristiwa yang akan terjadi. Indera untuk menerima atau merasakan adanya firasat, disebut indera batin atau indera keenam. Firasat datang dapat melalui getaran hati tanpa sebab-sebab yang melatarbela­kanginya, namun dapat juga datang setelah melihat suatu kejadian alam yang disebut ilmu titen, yaitu kebiasaan suatu kejadian berdasarkan tanda­ tanda alam.

Tidak sembarang orang bisa mengalami apa yang disebut dengan firasat. Hanya seseorang yang hatinya terpaut dengan Tuhan Yang Maha Kuasa dan telah melakukan olah batin demi mendapatkan keyakinan yang hakiki, bisa mendapatkan pertanda dari-Nya. Contohnya, seorang paranormal sering mendapatkan pertanda dari Tuhan mengenai permasalahan orang yang datang mengunjunginya.

Pada umumnya, masyarakat sering menyalah artikan firasat yang datang kepada paranormal. Mereka menganggap firasat tersebut datang dari bantuan setan atau jin. Yang perlu dipahami adalah masih ada paranomal yang mengobati atau mengajarkan ilmu berdasarkan syariat agama.