gendam

Gendam

Gendam adalah ilmu untuk memikat atau menundukkan pikiran orang lain. Selain unsur magis, gendam bekerja lebih disebabkan karena kemahiran seseorang dalam mempengaruhi orang lain yang jiwanya lemah. Orang yang memiliki logika kuat sulit untuk dipengaruhi gendam.

Kemam­puan gendam lebih sering diidentik­kan dengan hipnotis. Padahal sesungguhnya, ada perbedaan yang cukup kuat diantara 2 istilah tersebut. Misalnya, masyarkat awam menganggap bahwa gendam merupakan ilmu menundukkan pikiran orang lain yang dipaksa (memanfaatkan ilmu hitam/sihir). Sedangkan hipnotis lebih condong kepada ilmu untuk mengendalikan pikiran bawah sadar seseorang.

Ilmu gendam berawal dari leluhur masyarakat Jawa yang ingin merubah sikap keturunannnya supaya patuh. Sayang sekali, keberadaan ilmu ini pada zaman sekarang lebih sering disalahgunakan untuk melakukan kejahatan yang berujung pada merugikan orang lain. Untuk bisa terhindar dari penggendam, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Antara lain;

  1. Ketika berada di tempat umum, jangan biarkan pikiran kosong/melamun. Karena pikiran kosong akan membuat penggendam lebih mudah dalam menyampaikan pesannya.
  2. Jika ada segerombolan orang yang tiba-tiba datang mendekat tanpa sebab apapun, jangan mudah panik. Rasa panik juga akan mempermudah penggendam dalam melakukan sugesti. Sebaiknya segera menghindar.
  3. Tanamkan dalam pikiran bahwa gendam tidak akan mempan bagi orang yang menolaknya.