gendruwo

Gendruwo

Gendruwo adalah sejenis makhluk gaib dengan penampakan tubuh tinggi besar, kulit berwarna hitam legam dengan bulu di sekujur tubuhnya. Secara fisik gendruwo terlihat mirip manusia kera. Makhluk gaib yang satu ini mampu mengubah wujudnya ke dalam bentuk apapun. Ia bahkan mampu merubah fisiknya serupa dengan manusia, berkomunikasi, menggoda bahkan menikahi manusia.

Buah pernikahan dari manusia dengan gendruwo disebut dengan anak gendruwo dimana ia memiliki muka manusia, tetapi bagian belakang kepalanya merupakan wajah dari gendruwo. Makhluk gaib yang cukup populer di daerah Jawa ini paling hobi menggoda wanita. Jika ada seorang wanita yang sulit mendapatkan jodoh, akan dianggap telah ditiduri/ditindih oleh gendruwo.

Oleh karena kemampuan gendruwo yang dianggap pintar dalam memilih wanita, ia juga sering dijadikan perantara oleh orang-orang tertenu untuk membantu menggendam wanita. Selain hobi mendekati wanita, ia juga terkenal suka mengencengi orang yang lewat di depan huniannya. Jadi, sebaiknya berhati-hati dalam bersikap ketika melewati pohon rindang, karena ada gendruwo yang tinggal disana.