ilmu kejawen

Ilmu Kejawen

Ilmu kejawen adalah amalan spiritual yang lahir berdasarkan tradisi dan budaya masyarakat Jawa. Jadi, dalam sejarah ilmu gaib di Indonesia terdapat 2 jenis aliran utama. Yaitu, ilmu hikmah dan ilmu kejawen. Ilmu hikmah lebih sering dimanfaatkan dan disebarkan di kalangan santri/agamis. Sedangkan, ilmu kejawen yang mengasah kebatinan dan kanuragan sangat populer di masyarakat yang suka mengutak-atik tradisi Jawa.

Ilmu ini berawal dan berkembang jauh sebelum Islam datang ke nusantara. Para leluhur sangat menyukai hal-hal berbau mistis, seperti mengadakan ritual. Ilmu kejawen juga tidak jauh dari tirakat khusus yang merupakan syarat utama untuk mengolah kebatinan. Tirakat tersebut bisa berupa pembacaan mantera pada waktu khusus, menghindari pantangan (tidak makan, minum, tidur dan tidak boleh kena cahaya).

Tirakat yang dilakukan tergantung dari manfaat yang ingin didapatkan. Tidak hanya mengurangi nafsu badani, ilmu kejawen juga mengharuskan seseorang untuk membersihkan niat dan hati ketika sedang melakukan tirakat.