kerasukan

Kerasukan

Kerasukan adalah keadaan atau kondisi dimana roh seseorang dianggap diambil alih oleh roh halus (makhluk gaib). Istilah ini sangat akrab di telinga masyarakat nusantara apabila disandingkan dengan kata setan. Kerasukan setan adalah kejadian dimana roh manusia berada di bawah kontrol setan.

Bagaimana tubuh manusia bisa dimasukai/dirasuki oleh makhluk gaib? Terdapat 2 jawaban untuk pertanyaan tersebut. Pertama, manusia itu sendiri mengizinkan tubuhnya dirasuki. Jadi, pengaruh dari makhluk gaib yang masuk ke dalam tubuh manusia tidak atas dasar paksaan. Hal ini terjadi karena manusia sedang melakukan ritual khusus untuk memenuhi hajat tertentu.

Kedua, kerasukan karena paksaan dari makhluk gaib itu sendiri. Makhluk gaib yang merasuk masuk ke dalam tubuh manusia bukan tanpa alasan. Melainkan karena orang tersebut biasanya telah mengganggu alam mereka. Seperti, mengucapkan kata-kata kotor/sesumbar di tempat yang diyakini angker atau jarang dijamah manusia, buang hajat sembarangan (biasanya di hutan).