Kesurupan

Kesurupan

Kesurupan adalah hilangnya kontrol manusia atas dirinya karena pengaruh/pengambilalihan dari makhluk gaib (roh halus). Kesurupan bisa terjadi karena seseorang berada dalam emosi yang tidak baik, seperti kalut, khawatir, marah, sedih dan emosi lain yang membuat jiwanya tidak stabil. Selain itu, makhluk gaib juga lebih suka untuk mempengaruhi manusia dengan iman lemah, jiwa lemah dan berada di tempat yang salah.

Tanda-tanda seseorang terkena kesurupan biasanya kepala dan tubuh terasa berat, tangan dan kaki lemah, penglihatan mulai kabur dan kantuk berat. Keadaan semacam ini masih disadari oleh orang tersebut, hanya saja sesaat kemudian ia akan merasa tubuhnya tidak bisa dikendalikan lagi. Semacam ada energi dari luar yang mengendalikan dirinya.

Tubuh yang tidak mampu dikontrol biasanya akan diluapkan dalam bentuk jeritan, rontaan, gerakan menari seperti sedang mabuk, mengeluarkan sumpah serapah/kata-kata kotor. Untuk bisa terhindar dari kesupuran ada beberapa tips yang bisa diterapkan, antara lain:

  1. Mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa – mempertebal iman
  2. Menjaga sikap dimanapun berada (hindari mengucapkan kata-kata kotor atau sesumbar di tempat yang dianggap angker)
  3. Jangan biarkan pikiran kosong/melamun di tempat sepi atau jarang ada aktivitas manusia
  4. Jika melihat orang lain sedang kesurupan sebaiknya segera memanggil ahlinya (ustadz, paranormal atau orang pintar)