madu

Madu

Madu adalah cairan manis dari perut lebah. Dalam Alquran disebutkan,

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang berma­cam-macam warna­nya, didalamnya terda­pat obat yang menyembuhkan bagi manusia .. ” (An-Nahl:69).

Dalam penelitian ilmiah, sedikitnya madu mengandung 70 macam zat penting. Diantaranya, 40% zat gula alami, 30% gula anggur/glukosa dan 4% gula tebu. Dan, setiap 1 kg madu memberikan 3250 kalori karena mengandung enzym amilase, enzym interfas, enzym peroxiidisa, enzym catalse dan enzym lipase.

Vitamin yang terdapat dalam madu adalah B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, K dan E. Karena itu, madu sering digunakan sebagai campuran obat dan kosmetika. Bahkan para dokter Rusia memanfaatkannya sebagai obat Iuka saat terjadi pertempuran. Rasulullah SAW bersabda,

“Demi Dia yang jiwaku ada di tangan-Nya, makanlah madu. Karena tidak ada rumah, yang didalamnya tersimpan madu, yang untuknya para malaikat memberikan berkah. Jika seseorang memakan madu, maka seribu obat telah masuk dalam tubuhnya dan jutaan penyakit akan hilang.”

Madu terbaik dihasilkan pada musim semi dan panas. Sedangkan yang dihasilkan pada musim dingin, kualitasnya lebih rendah. Dan Rasulullah SAW membiasakan minum air putih dicampur madu pada pagi hari ketika perut beliau masih kosong.