mata batin

Mata Batin

Mata batin adalah kemampuan untuk melihat/merasakan sesuatu yang tidak dapat dilihat oleh mata lahir. Mata lahir merupakan organ tubuh yang terdapat di kepala manusia. Sedangkan, mata batin tidak berupa organ dan tidak mampu diraba keberadaannya. Bersifat maknawiyah dan rohaniah.

Kemampuannya sangat luar biasa, yaitu dapat meraba keberadaan benda-benda gaib seperti alam malaikat, alam rih dan alam akhirat. Tentu saja kemampuan ini hanya bisa dimiliki manusia atas izin dari Allah SWT. Apakah manusia biasa tidak bisa mempertajam mata batinnya? Jawabannya adalah bisa.

Orang yang mampu membuka mata batin atas usaha sendiri dan mendapat izin Allah SWT tentu saja tidak bisa dikatakan manusia biasa. Karena usaha, tirakat dan ikhtiar yang dilakukan harus mencapai kesempurnaan. Kebersihan niat, keistiqomahan dalam beribadah, kepasrahan bahwa apapun yang dilakukan tidak akan berarti apa-apa tanpa kehendak dariNya juga menjadi kriteria penilaian. Sosok seperti alim ulama, spiritualis, paranormal juga telah melakukan banyak usaha atau tirakat untuk bisa mempertajam mata batinnya.