mistik

Mistik

Mistik adalah sebuah paham yang mengajarkan hal-hal berbau mistis. Ajaran yang diajarkan biasanya berbentuk rahasia, dilakukan secara sembunyi-sembunyi di malam hari, di tempat khusus yang tidak banyak diketahui orang umum. Anggota dari ajaran ini pun sangat terbatas jumlahnya. Jika ada penganut baru, maka ia akan mendapatkan ujian khusus yang tidak mudah.

Tidak ada sumber khusus untuk mempelajari aliran ini. Biasanya satu kelompok memiliki visi, misi dan budaya yang dirumuskan oleh ketuanya sendiri. Oleh karena itu, aliran berbau mistik ini bersifat subyektif. Lalu bagaimana seseorang bisa dijadikan ketua dari kelompok aliran mistik? Anggota lain menganggap bahwa seseorang pantas dijadikan ketua dari kelompok aliran mistik jika,

  1. Memiliki pengalaman melakukan kegiatan yang dianggap istimewa
  2. Mampu mengatasi permasalahan atau bencana yang mengancam diri sendiri/masyarakat
  3. Merupakan keturunan dari orang pintar/orang yang dihormati di daerah
  4. Mampu meramalkan kejadian penting

Salah satu contoh kelompok yang beraliran mistik adalah suku mayan yang berada di pedalaman hutan Meksiko dan Guatemala. Mereka merupakan suku yang ahli di bidang perbintangan dan perhitungan matematika. Istilah mistik hinggap pada suku ini karena kemampuan anggotanya dalam menampakkan matahari, memanggil dan menolak hujan. Kebiasaan yang paling aneh adalah sesembahan mereka kepada leluhur berupa jantung manusia (musuh dari suku mayan).