psi

Psi

Psi adalah “isi” yang bersifat non materi, sebagai bahan dasar dari munculnya kekuatan paranormal. Disebut juga tenaga dalam atau energi batin. Psi juga dikenal sebagai istilah yang merujuk kepada hal-hal yang berkaitan dengan hubungan antara pengalaman atau kejadian dengan jiwa dan pikiran manusia.

Untuk menjelaskan fenomena psi, orang juga sering menyebutnya dengan hal-hal yang bersifat gaib. Meskipun sebenarnya psi dan gaib sebenarnya memiliki arti yang sedikit berbeda. Gaib meliputi hal-hal diluar nalar manusia dan tidak dapat diterangkan dengan analisa ilmu pengetahuan. Sedangkan, psi meliputi fenomena yang bisa dianalisa melalui pengalaman/kejadian yang berkaitan dengan pikiran atau jiwa manusia.

Hal yang tergolong ke dalam fenomena psi, antara lain telepati (hubungan antar pikiran), clairvoyance (mendapatkan informasi dari ruang dan waktu yang berbeda/jarak jauh), pengalaman mati suri dan pengalaman sakaratul maut. Jadi, selama sebuah fenomena masih bisa dianalisa melalui pengalaman/kejadian yang terkait dengan pikiran dan jiwa seseoang berarti tergolong ke dalam psi.