rajah

Rajah

Rajah adalah azimat yang terbuat dari tulisan huruf­-huruf hijaiyah sebagai bentuk ikhtiar tercapainya sebuah hajat. Rajah hanya bisa dibuat oleh seseorang yang telah memiliki ilmu hikmah mumpuni. Misalnya, seorang spiritualis atau paranormal dimana mereka akan memadukan ilmu hikmah dengan ilmu batinnya.

Secara kasat mata, rajah mungkin hanya mengandung huruf, kata atau simbol semata dimana maknanya sulit untuk diketahui oleh orang lain. Tapi bagi para peyakin, rajah merupakan tulisan yang berenergi supranatural. Setiap goresan yang dituangkan dalam rajah akan dibatin dan didoakan oleh si pembuat untuk bisa mendatangkan faedah yang diingankan.

Adapun media penulisan rajah antara lain, kertas, logam, kain, besi atau bisa juga menggunakan kulit daun. Sedangkan cara mengamalkan rajah tidak jauh beda dengan jimat. Pemanfaatan jimat biasanya hanya ditaruh ke dalam saku atau kantong khusus. Untuk pemanfaatan rajah biasanya direndam ke dalam air, kemudian air yang dianggap berkah tadi bisa diminum atau digunakan untuk mandi (contohnya untuk menyembuhkan penyakit). Bisa juga disiramkan pada suatu tempat di rumah untuk pagar gaib.