ruh

Ruh

Ruh adalah sesuatu yang hidup dan tidak berbadan jasmani tetapi berakal budi dan perasaan. Ruh adalah pusat yang menyebabkan manusia tertarik kembali pada sumbernya. Fitrah ruh menarik manusia menuju Tuhan, sedang­kan nafsu berupaya sebaliknya. Pendapat para ahli filsafat Yunani, bahwa ruh itu “uap” dan ada yang menyebut “panas”, ada juga yang menyebut “eter”.

Thales pada 500 tahun sebelum masehi, mengatakan bahwa ruh adalah “asal perak”. Sedangkan Pytagoras 100 tahun kemudian mengatakan bahwa ruh itu ber­diri sendiri sebagai penggerak tubuh dan sifat yang mengetahui segala sesuatu. Plato menyebut ruh terbagi dua, yaitu ruh yang berpikir dan ruh yang pemarah.

Kemudian Aristoteles mengatakan, ruh yaitu gambaran pertama bagi tubuh manusia yang mendapat kesenangan hidup. Terdiri atas ruh yang memberi makan, yang merasa dan yang berpiki . Dikalangan Islam banyak juga para ahli yang membahas tentang ruh, namun dalil yang digunakan tidak mampu melampaui “keputusan akhir” dalam Al-lsra: 85,

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberitahu melainkan hanya sedikit.”