sengkala

Sengkala

Sengkala adalah rintangan. Menurut keperca­yaan kejawen, seseorang yang melakukan banyak kejahatan dililit sengkala yang menurut mata batin terlihat dalam bentuk menyeramkan. Misalnya, sengkala berbentuk raksasa hitam jika diakibatkan dari makan sesaji. Bentuk babi bagi orang yang suka menundukkan wanita dengan guna-guna, lalu dizinahi.

Cara menghilangkan sengkala itu, tergantung dari kepercayaan. Menurut kejawen dilakukan dengan membuat sesaji dan syarat-syarat lain dan setelah itu dibuang ke sungai yang berarus deras. Sedangkan menghilangkan sengkala sendiri dilakukan dengan kungkum dan puasa mutih selama 3 hari dimulai pada hari kelahiran.

Sengkala juga dapat meng­hinggapi suatu tempat (tanah/lokasi) akibat kejahatan ilmu dan makhluk gaib. Menurut kejawen, menetralisasi energi negatif itu cukup dengan menebarkan garam kasar dan bengkle atau menanam bengkle atau dlingo pada lokasi. Menurut ilmu hikmah, sengkala dapat dikategorikan menjadi dua hal, yaitu azab dari Tuhan. Melarutkannya dengan membersihkan diri (lahir batin}, bertobat, introspeksi diri, berdoa dan bersedekah.