terawangan

Terawangan

Terawangan adalah kemampuan untuk melihat dan merasakan suatu kondisi atau kejadian dalam ruang waktu yang berbeda. Tidak hanya menerawang kondisi di dunia nyata, kemampuan ini diyakini mampu menerawang alam tak kasat mata (alam ghaib). Terdapat beberapa tingkatan yang bisa dikuasai oleh manusia mengenai ilmu terawangan ini. Mulai dari yang standar hingga tingkat tertinggi.

Pada tingkat tertentu, seseorang tidak hanya mampu melihat. Melainkan mampu membaca surat dalam amplop yang belum dibuka atau membaca buku tertutup. Yang lebih tinggi lagi, ia pun bisa berkomunikasi dengan teman/saudara/seseorang yang sudah meninggal dunia dan memasuki dunia yang tidak dapat dijangkau oleh manusia awam.

Tentu saja yang mampu menerapkan ilmu terawangan adalah sosok yang diberikan berkah oleh Tuhan karena kekhusyukaan dan keistiqomahannya dalam beribadah. Tidak hanya mendekatkan diri kepada Tuhan dalam bentuk doa, melainkan harus dikombinasikan dengan laku tirakat puasa. Tingkat pertama, puasa dilakukan selama 3 hari, kemudian 7 hari dan 40 hari. Juga terdapat niat dan amalan doa khususnya.